Avatar Pedagogis Berbasis Budaya

Hak Cipta

Avatar Pedagogis Berbasis Budaya

Berupa wajah avatar pedagogis pria dan wanita yang merefleksikan karakteristik visual khas dari lima suku utama di Indonesia—Batak, Minangkabau, Papua, Jawa, dan Sunda. Gaya visual yang digunakan dalam perancangan adalah kartun realis-minimalis, dengan penekanan pada fitur wajah seperti bentuk muka, alis, mata, hidung, bibir, dan warna kulit yang disesuaikan dengan ciri khas masing-masing suku. Proses desain dimulai dengan pembuatan sketsa kasar tampak depan, dilanjutkan dengan garis akhir yang lebih presisi, kemudian pewarnaan digital menggunakan perangkat lunak desain grafis 2D Infinite Painter. Hasil rancangan berupa 25 wajah avatar, terdiri dari 12 avatar wanita dan 13 avatar pria dengan rentang usia visual 35–60 tahun. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan layanan aplikasi perguruan tinggi, perpustakaan, atau aplikasi digital untuk pendidikan lainnya agar lebih representatif, humanistik, dan kontekstual, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal dalam ekosistem digital yang multikultural. Rancangan ini berkaitan dengan PKS antara PRSDI BRIN dan FIK Telkom University (Tel-u) No: 232/V/KS/07/2024 dan No: 158/SAM4/IK-DEK/2024, dengan judul: Perancangan asset visual game (2D/3D) untuk memperkenalkan kebudayaan daerah yang ada di sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara.


2025-1756434906-ya3l

B-24757/III.6.3/TK.11.01/8/2025


( Lihat )

Pusat Riset Sains Data dan Informasi

amba002@brin.go.id

Badan Riset dan Inovasi Nasional

KA - Kompilasi Ciptaan atau Data

Bandung

20 Juni 2025

EC002025206594

08 Desember 2025

08 Desember 2025

001046854


  • Ambar Yoganingrum
    ( Pusat Riset Sains Data dan Informasi )
  • Abdurrakhman Prasetyadi
    ( Pusat Riset Sains Data dan Informasi )
  • Ratu Berliana Nursabrina Shiddiq
    ( Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom )
  • Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds
    ( Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom )
Kembali