Avatar Pedagogis Berbasis Budaya
Hak Cipta
Avatar Pedagogis Berbasis Budaya
Berupa wajah avatar pedagogis pria dan wanita yang merefleksikan karakteristik visual khas dari lima suku utama di Indonesia—Batak, Minangkabau, Papua, Jawa, dan Sunda. Gaya visual yang digunakan dalam perancangan adalah kartun realis-minimalis, dengan penekanan pada fitur wajah seperti bentuk muka, alis, mata, hidung, bibir, dan warna kulit yang disesuaikan dengan ciri khas masing-masing suku. Proses desain dimulai dengan pembuatan sketsa kasar tampak depan, dilanjutkan dengan garis akhir yang lebih presisi, kemudian pewarnaan digital menggunakan perangkat lunak desain grafis 2D Infinite Painter. Hasil rancangan berupa 25 wajah avatar, terdiri dari 12 avatar wanita dan 13 avatar pria dengan rentang usia visual 35–60 tahun. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan layanan aplikasi perguruan tinggi, perpustakaan, atau aplikasi digital untuk pendidikan lainnya agar lebih representatif, humanistik, dan kontekstual, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal dalam ekosistem digital yang multikultural. Rancangan ini berkaitan dengan PKS antara PRSDI BRIN dan FIK Telkom University (Tel-u) No: 232/V/KS/07/2024 dan No: 158/SAM4/IK-DEK/2024, dengan judul: Perancangan asset visual game (2D/3D) untuk memperkenalkan kebudayaan daerah yang ada di sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara.
2025-1756434906-ya3l
B-24757/III.6.3/TK.11.01/8/2025
Pusat Riset Sains Data dan Informasi
amba002@brin.go.id
Badan Riset dan Inovasi Nasional
KA - Kompilasi Ciptaan atau Data
Bandung
20 Juni 2025
EC002025206594
08 Desember 2025
08 Desember 2025
001046854
- Ambar Yoganingrum
( Pusat Riset Sains Data dan Informasi ) - Abdurrakhman Prasetyadi
( Pusat Riset Sains Data dan Informasi )
- Ratu Berliana Nursabrina Shiddiq
( Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom ) - Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds
( Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom )